Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meramu Wewura Sebagai Obat Herbal dan Berikut Penyakit Yang Bisa Disembuhkan

Nama Daerah : Wewura (BD.Tonsea)

Pertelaan : Jenis tumbuhan herbal, tumbuh liar disekitar pekarangan rumah dan tanah terbuka. Kedudukan daun berhadapan. Bentuk daun seperti jantung membulat. Permukaan daun licin dengan tepi daun rata. Ujung daun tumpul. Lebar daun 1.5 cm, panjang daun 1.4 cm. Memiliki akar serabut. Tumbuhan terna berumur panjang, batang sering bercabang lemah, merayap atau tumbuh ke atas diantara tumbuh-tumbuhan lain, panjang 0.4 – 1 m. pada waktu pagi sangat menarik perhatian karena terdapat tetesan air yang besar menyerupai embun. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropis dan sekarang tersebar di daerah tropika di dunia. Tumbuhan ini terdapat di daerah lembab atau daerah yang tidak begitu kering.

Nama Ilmiah : Drymaria cordata Wild.

Famili : Caryophyllaceae

Kegunaan dan cara meramu : Obat untuk mengeluarkan lender pada bayi yang baru lahir (usia 1-2 minggu). Bagian yang dimanfaatkan adalah daun dan akar. Remas-remas daun dan batang bungkus dengan kain, peras airnya dan diminumkan pada bayi yang baru lahir.

Terkait dengan Budidaya : Perbanyakan tumbuhan ini dapat dilakukan dengan stek dan anakan. Wewura dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembaban tanahnya, dipupuk dengan pupuk organik.

Kandungan Kimia : Sifat tumbuhan ini belum banyak diketahui, namun beberapa kandungan kimia yang terdapat dalam tumbuhan ini di antaranya alkaloid dan polifenol (Hariana, 2005)

Kegunaan lainnya :
  1. Obat bisul : Tumbuk daun cemplonan segar secukupnya sampai halus kemudian tempelkan pada bagian yang terkena bisul.
  2. Obat demam dan urus-urus : cuci bersih 25 g daun cemplonan segar, tumbuk sampai halus kemudian peras. Saring air perasan yang diperoleh lalu minum sekaligus 1 kali sehari.
  3. Obat herpes : Cuci bersih seluruh bagian tumbuhan cemplonan secukupnya, tumbuk sampai halus. Bentuk bulat dari hasil tumbukan, bungkus plastik, lalu letakkan dalam kulkas. Tempelkan ke bagian yang terkena herpes sesudah pagi dan sore lalu balut dengan kain atau perban (Hariana, 2005)
Nama daerah lainnya : Batak (Sirempas bide); Makasar (piti-piti); Sunda (jukut ibun); Jawa (angleng, kantingan, randa mumut, selaton, cebungan, cemplonan); Madura (rekere nindu). (Hariana, 2005)

Posting Komentar untuk "Cara Meramu Wewura Sebagai Obat Herbal dan Berikut Penyakit Yang Bisa Disembuhkan"