Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meramu Tagalolo / Udun / Loloyan Sebagai Obat Herbal dan Berikut Penyakit Yang Bisa Disembuhkan

Nama Ilmiah : Ficus septica Burm f.

Pertelaan : Jenis perdu atau pohon kecil, tinggi antara 100-150 cm. Kulit batang berwarna abu-abu putih. Kedudukan daun berseling, bentuk nya menjorong-melonjong-membulat telur. Permukaan daun atas mengkilat. Ukuran daun 8-30 x 6-20 cm. Buah semu di ketiak daun yang luruh, bentuk buah membulat gepeng, warna buah hijau muda atau hijau keabu-abuan. Habitat hutan primer, hutan sekunder dan semak belukar. (Harada et al, 2006).


Nama Daerah : Tagalolo (BD.Mongondow; BD.Minahasa), Udun (BD.Minahasa), Burse (BD. Sangihe); Loloyan (BD. Tonsea)

Famili : Moraceae

Kegunaan dan cara meramu :
  1. Obat penyakit gula.
    Cara meramu : Ambil akarnya kemudian dicampur dengan akar durian (Durio zibethinus), kemudian direbus dan diminum.
  2. Hati kayu : Obat susah buang air kecil
    Caranya dengan mengambil hati kayunya, dijemur dan direbus lalu minum.
Terkait dengan Budidaya : Tumbuhan ini banyak tumbuh pada daerah dengan ketinggian 1 – 1200 mdpl. tumbuhan ini banyak ditemukan secara liar di tepi jalan, semak belukar dan hutan terbuka.

Kandungan Kimia : Kandungan kimia pada daun, buah, dan akar Ficus septica adalah saponin dan flavonoid, disamping itu buahnya, mengandung alkaloid dan tanin, sedangkan akarnya mengandung senyawa polifenol (Hutapea dan Syamsuhidayat, 1991).

Kegunaan lainnya : Manfaat daun Awar-awar untuk terapi, antara lain sebagai obat penyakit kulit, radang usus buntu, mengatasi bisul, mengatasi gigitan ular berbisa dan sesak nafas. sedangkan akar digunakan sebagai penawar racun (ikan), penanggulangan asma. Getahnya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bengkak-bengkak dan kepala pusing. Buahnya biasa digunakan sebagai pencahar (Sudarsono dan Didik, 2002).

Nama daerah lainnya : Ki ciyat (Sunda), Awar-awar (Jawa tengah ), Barabar ( Madura), awak-awak (Bali), loloyan (Minahasa), Tobo-tobo (Makasar), babu lutu (Halmahera), Tagatalo (Ternate), awar-awar (Ambon) (Hutapea dan Syamsuhidayat, 1991).

Posting Komentar untuk "Cara Meramu Tagalolo / Udun / Loloyan Sebagai Obat Herbal dan Berikut Penyakit Yang Bisa Disembuhkan"