Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meramu Rumput Dukung Anak Sebagai Obat Herbal dan Berikut Penyakit Yang Bisa Disembuhkan

Nama Ilmiah : Phyllanthus niruri L.

Pertelaan : Jenis tumbuhan liar yang tumbuh pada tempat yang lembab dan berbatu, seperti di sepanjang saluran air, semak-semak dan tanah terlantar di antara rerumputan. Dapat dijumpai di daerah dataran rendah sampai pada ketinggian 1000 m dpl. Terna, semusim, tumbuh tegak, tinggi 30-50 cm, bercabang-cabang. Batang berwarna hijau pucat. Helaian daun berbentuk bundar telur sampai bundar memanjang, ujung daun tumpul, pangkal membulat, permukaan bawah berbintik dan tepi daun rata. Panjang daun 1.5 cm, lebar nya 7 mm berwarna hijau. Dalam 1 tumbuhan terdapat bunga jantan dan bunga betina. Bunga jantan keluar di bawah ketiak daun, sedangkan bunga betina berada di atas ketiak daun. Buah berbentuk kotak, bulat pipih, bertekstur licin. Memiliki biji kecil, keras dan berbentuk ginjal berwarna coklat. Buah terdapat di bawah daun dan letaknya berjajar sepanjang tangkai utama daun.

Cara Meramu Rumput Dukung Anak Sebagai Obat Herbal dan Berikut Penyakit Yang Bisa Disembuhkan

Nama Daerah : Rumput dukung anak (BD.Minahasa; Sangihe dan Mongondow)

Famili : Euphorbiaceae

Nama Simplisia : Phyllanthi herba

Kegunaan dan cara meramu :
  1. Obat sakit pinggang; Cara meramu yaitu akar rumput dukun anak dicampurkan dengan daun ginseng (Eurycoma longifolia) kemudian keduanya direbus hingga mendidih, ambil satu gelas air rebusan lalu minum.
  2. Obat penyakit gula (antidiabetes). Daunnya ditambahkan dengan daun sambiloto (Andrographis paniculata), daun kuku kuda (Centela asiatica), dan daun malacai merah (Jatropha gossypifolia). Semuanya dijadikan satu kemudian direbus, saring dan minum. Ampas rebusan dapat digunakan untuk menyembuhkan luka dengan cara dioseng kemudian dibubuhi pada luka penderita sakit gula tersebut.
Terkait dengan Budidaya : Dapat diperbanyak melalui biji.

Kandungan Kimia : filantin, hipofilantin, kalium, damar dan tanin. Filantin dan hipofilantin melindungi sel hati dari zat toksik (hepatoprotektor). (Dalimartha, 2000). Kandungan kimianya dapat berupa flavonoid yang terdiri dari quercetrin, isoquercetrin, astragalin, rutin, kaempferol-4-rhamnopyranoside, erydictyol-7-rhamnopyranoside, fesitin-4-o-glucoside dan nirurin; Lignan yang terdiri dari phyllanthin, hypphyllanthin dan triterpene lup-20 (29)-en-3-ol. Alkaloid yang diberi nama entnorcecurinin. Terakhir ditemukan dari lignan dan isoligkan yang baru, seperti: lintetralin, isolintetralin, nirtetralin dan phyllnirurin 22

Kegunaan lainnya :
  1. Hepatitis : Cuci 30-60 g herba meniran segar, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan airnya dan diminum sekaligus. Lakukan setiap hari selama 1 minggu, sehari hanya sekali minum.
  2. Digigit anjing gila : Cuci 4-6 tumbuhan meniran segar (jika digunakan untuk anak kecil gunakan setengahnya). Rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring airnya diminum. Untuk pemakaian luar, giling herba meniran segar dan nasi dingin sampai halus (dengan jumlah yang sama banyak). Tempelkan pada luka gigitan. Kemudian balut dengan kain perban. (Dalimartha, 2000)
Nama daerah lainnya : Sunda (Meniran, memeniran); Maluku (Gosau ma dungi).

Posting Komentar untuk "Cara Meramu Rumput Dukung Anak Sebagai Obat Herbal dan Berikut Penyakit Yang Bisa Disembuhkan"