Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meramu Pakoba Sebagai Obat Herbal dan Berikut Penyakit Yang Bisa Disembuhkan

Nama Ilmiah : Tricalysia minahassae Comb.Nov

Pertelaan : Perawakan: Pohon besar dengan tinggi 15-20 m, dengan diameter 30-40 cm. Batang berbanir, cerah, coklat dengan bercak-bercak putih. Kulit berlekah dengan sedikit alur-alur. Tinggi bebas cabang 15-20 m. Daun majemuk, duduk anak daun berhadapan. Ujung daun runcing, pangkal daun meruncing, permukaan anak daun licin, belakang anak daun licin dengan urat daun yang tampak  jelas. Daun tidak berbulu. Buah: Buah muda berwarna hijau, buah matang berwarna hijau muda kekuningan berekor, diameter buah 1,1-3,8 cm. permukaan kulit buah licin, daging buah hijau muda. Biji: Tunggal, kedudukan biji horizontal dengan panjang biji 1,9 cm, Pepagan luar: lepas, beralur tipis dengan diameter 1,3 cm. pepagan dalam berserat, coklat muda dan berair. Getah agak lengket dan transparan.

Cara Meramu Pakoba Sebagai Obat Herbal dan Berikut Penyakit Yang Bisa Disembuhkan

Nama Daerah : Pakoba (BD.Minahasa)

Famili : Rubiaceae

Kegunaan dan cara meramu : Bagian yang digunakan adalah kulit batang. Masyarakat Tonsea  menggunakan kulit batang pakoba sebagai campuran ramuan obat setelah melahirkan. Untuk mengobati sakit gula. Kulit batang diambil secukupnya kemudian direbus dan diminum. Sekali rebusan untuk sekali minum

Terkait dengan Budidaya : Perbanyakan dengan biji.

Kandungan Kimia : Hasil uji fitokimia terhadap kulit batang, menghasilkan tumbuhan ini mengandung alkaloid, flavonoid dan tanin.

Posting Komentar untuk "Cara Meramu Pakoba Sebagai Obat Herbal dan Berikut Penyakit Yang Bisa Disembuhkan"