Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meramu Gabi-Gabi Sebagai Obat Herbal dan Berikut Penyakit Yang Bisa Disembuhkan

Nama Ilmiah : Graptophyllum pictum (L.)Griff.

Pertelaan : Jenis tumbuhan perdu dan tumbuh di pekarangan rumah. Tumbuhan ini berasal dari Irian dan Polynesia, dapat ditemukan dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.250 mdpl. (Dalimartha, 1999). Kelompok perdu atau pohon kecil. Daun tunggal bertangkai pendek dan berlendir, kedudukan daun berhadapan genap, pinggiran daun sedikit bergelombang. Permukaan daun halus. Daun berbentuk bulat telur sampai lanset, ujung dan pangkal runcing. Daun berwarna hijau pada permukaan atas dan ungu pada permukaan bawah. Panjang daun 18 cm, lebar daun 9 cm, panjang tangkai 1 cm, bentuk daun bulat telur dengan ujung daun runcing. Batang berwarna ungu pada batang muda sedangkan batang tua berwarna coklat.

Cara Meramu Gabi-Gabi Sebagai Obat Herbal dan Berikut Penyakit Yang Bisa Disembuhkan

Nama Daerah : Gabi-Gabi (BD.Tonsea)

Famili : Acanthaceae

Kegunaan dan cara meramu : Daun digunakan untuk mengobati pendarahan dan patah tulang. Untuk pendarahan, rebus daun nya kemudian diminum. Sedangkan untuk mengobati patah tulang atau keselo, ambil daun kemudian langsung tempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

Terkait dengan Budidaya : Perbanyakan dapat dilakukan dengan biji atau stek batang. Tumbuhan ini dirawat dengan air yang cukup, dijaga kelembaban tanahnya dan dipupuk dengan pupuk organik.

Kandungan Kimia : Kandungan kimia yang terkandung dalam tumbuhan ini diantaranya alkaloid non toksik, glikosod, steroid, saponin, tanin, kalsium oksalat, asam formik dan lemak (Hariana, 2005)

Kegunaan lainnya :
  1. Wasir : Cuci daun segar, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring kemudian minum 2 kali sehari, masing-masing ½  gelas.
  2. Sembelit : Cuci bersih 7 helai daun segar, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring lalu minum sekaligus 1 gelas sehari. (Hariana, 2005).
  3. Bengkak terpukul (Memar) : kulit batang secukupnya dibersihkan kemudian ditumbuk halus. Bahan tersebut lalu diletakkan di atas bagian tubuh yang bengkak kemudian di balut. Ganti 2 kali sehari.
  4. PSakit telinga : Daun segar secukupnya dicuci bersih kemudian dibilas dengan air matang. Tumbuk sampai lumat, lalu peras. Air yang terkumpul digunakan untuk menetesi telinga yang sakit. (Dalimartha, 1999).
Nama daerah lainnya : Pudin (Simalur), godong ungu (Jawa), handeleum (Sunda), karaton (Madura), temen (Bali), kadi-kadi (Ternate) dan dongo-dongo (Tidore) (Hariana, 2005) Maluku : Kabi-kabi (Ternate), daun putri (Ambon) (Dalimartha, 1999).

Posting Komentar untuk "Cara Meramu Gabi-Gabi Sebagai Obat Herbal dan Berikut Penyakit Yang Bisa Disembuhkan"