Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Seseorang Sedang Menolak atau Marah Dari Bahasa Tubuh

Cara Mengetahui Seseorang Sedang Menolak atau Marah Dari Bahasa Tubuh

Suasana hati pasti akan tertampilkan dalam tingkan laku. Saat hatinya berbunga-bunga karena menyukai sesuatu, rona wajahnya akan sangat jelas memancar. Begitu pula ketika menolak atau tidak menyukai sesuatu, raut wajahnya pasti berubah cemberut dan tidak sedap dipandang.

Berikut tanda-tanda penolakan seseorang yang sering dilakukan secara sadar maupun tidak dari bahasa tubuh.

Menyilang Tangan di Dada

Jika seseorang menyilangkan lengannya di hadapan Anda, terlebih lagi ketika Anda sedang berbicara, sesungguhnya orang tersebut merasa tidak nyaman dengan situasi saat itu. Sikap ini bisa diartikan sebagai penolakan atas kehadiran Anda. Orang yang merasa terancam juga akan melakukan gerakan ini secara tidak sadar sebagai isyarat pertahanan. Beberapa ahli bahasa tubuh menafsirkan gerak isyarat ini untuk menunjukkan bahwa seseorang berada dalam kondisi tertutup terhadap lingkungan di sekitarnya.

Menyilangkan tangan di dada sering kita jumpai ketika seorang anak menentang perintah orang- tuanya. Anak tersebut menunjukkan sikap defensif.

Bahasa tubuh ini juga sering kita lihat dalam situasi konflik. Namun, jika konflik tersebut bersifat terbuka, tentunya akan lebih mudah menafsirkan situasi tanpa perlu mengamati bahasa tubuh. Tetapi, bagaimana jika kita baru bertemu dengan seseorang, lalu terjadi perbincangan basa-basi dan ternyata orang itu selalu menyilangkan tangannya di dada? Kalau situasi ini terjadi, lebih baik kita segera mengakhiri pembicaraan dan meninggalkan orang tersebut.

Untuk derajat ketidaksenangan yang lebih tinggi lagi, biasanya selain menyilangkan tangan di dada, telapak tangan juga mengepal seperti tinju. Raut muka memperlihatkan permusuhan dan mata menatap tajam seperti harimau yang ingin menerkam mangsanya.

Kombinasi Gerakan Tangan dan Kaki

Menyilangkan tangan di dada akan terlihat jelas saat berdiri. Bagaimana kalau sedang duduk? Saat duduk, isyarat ini akan diperkuat dengan menyilangkan kaki atau tungkai. Kaki yang disilangkan menunjukkan sikap menantang dan siap bersaing. Jika kedua gerak isyarat ini keluar, berarti situasi bertambah buruk. Selain itu, saat berdiri, jika seseorang cenderung menolak Anda, dia juga akan mengambil jarak jauh.

Kombinasi Gerakan Tangan dan Tatapa

Gerak isyarat adalah memainkan tangan-misalnya meremas rok atau berbuat seolah-olah sedang membersihkan pakaian-sambil mengalihkan tatapan. Bahasa tubuh seperti ini biasanya terjadi ketika seseorang tidak mempunyai keberanian untuk mengemukakan pendapat dan ketidaksukaannya terhadap seseorang.

Jika selama Anda berbicara, lawan bicara terus sibuk dengan kegiatannya yang tak berguna itu sam-bil menatap ke lantai atau ke mana saja selain ke arah Anda, ini menandakan bahwa dia semakin tidak menyukai Anda. Jika hal ini terjadi, ada baiknya Anda mengintrospeksi semua tindakan dan perkataan Anda saat itu Juga.

Gerak isyarat ini sering terjadi dalam rapat-rapat kebijakan. Pasti ada yang tidak puas dengan keputusan yang diambil. Namun, jika kita menanyakan pendapatnya, dia akan mengatakan setuju. Tetapi, jika sambil mengatakan setuju tangannya terus asyik dengan hal lain, Anda harus waspada. Perkataannya belum tentu sama dengan pikirannya.

Sekian untuk postingan kali ini.

Apakah anda pernah menemukan atau mengalami kondisi seperti di atas ?

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Seseorang Sedang Menolak atau Marah Dari Bahasa Tubuh"